RSS

Mengenal Zat Penting Yang Dibutuhkan Tubuh - Karbohidrat

Karbohidrat atau istilah kimianya ‘sakarida’ merupakan zat yang sangat penting untuk makhluk hidup. Beberapa fungsi bagi karbohidrat bagi tubuh yaitu sebagai cadangan makanan, bahan bakar dan juga bahan / materi pembangun. Kalau kita sudah belajar kimia, karbohidrat itu terbagi menjadi 3 bagian yaitu monosakarida, disakarida dan polisakarida. Tumbuhan hijau juga memerlukan karbohidrat yang diperoleh dari karbon dioksida pada proses fotosintesis.

Meskipun begitu, sebagian orang ternyata mempunyai pantangan dalam mengonsumsi karbohidrat, terutama bagi mereka yang sedang melakukan diet atau menderita penyakit diabetes. Dan kita sebagai manusia yang sehat tidak perlu untuk tidak mengkonsumsi karbohidrat. Sebenarnya, Karbohidrat itu tidak menimbulkan efek negatif bagi tubuh kita bila kita bisa mengkonsumsinya dengan cara yang benar.

Kita harus mengkonsumsi karbohidrat karena tubuh kita membutuhkannya, dan juga karbohidrat dapat berfungsi untuk mengontrol berat badan kita.
Bagaimana memilih sumber karbohidrat yang baik?

Berikut ini adalah tips - tips yang bisa membantu kamu untuk mendapatkan sumber karbohidrat yang baik bagi tubuh kamu :
  •     Utamakanlah sumber karbohidrat dari makanan yang memiliki serat seperti buah dan sayuran.
  •     Perbanyaklah mengonsumsi karbohidrat dari biji-bijian.
  •     Berikutnya, karbohidrat juga bisa didapatkan dari kacang2 an seperti kacang polong.
  •     Susu rendah lemak juga merupakan sumber dari karbohidrat.
  •     Sebaiknya, kamu juga harus untuk membatasi konsumsi gula tambahan.
Asupan karbohidrat yang sehat dan baik selalu memperhatikan keseimbangan kebutuhan gula. Gula dalam tubuh digunakan untuk sumber energi, serat, dan membantu membersihkan saluran pencernaan. Kamu tidak harus mengkonsumsi roti, nasi atau gandum untuk mendapatkan asupan karbohidrat yang cukup. Karena kamu bisa mendapatkan asupan karbohidrat dari apa saja misalnya buah - buahan.

Ada satu hal lagi yang harus kita patuhi yaitu menjaga keseimbangan asupan karbohidrat sederhana dan kompleks yang terdapat pada tubuh kita. Salah satunya tidak boleh berlebihan namun juga jangan sampai kekurangan. Jika kita merasa tubuh kita menjadi sangat lemas, itu tandanya kamu kekurangan karbohidrat sederhana. Tetapi bila kamu sering terkena penyakit diare, atau saluran pencernaan kamu terganggu, itu tandanya kamu kekurangan karbohidrat kompleks.

Oleh karena itu, sebisa mungkin perhatikan pilihan karbohidrat yang terdapat dalam makanan kamu. Cobalah untuk mengurangi gula tambahan dan banyak2 lah mendapatkan karbohidrat dengan mengkonsumsi buah - buahan.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Posting Komentar

Silakan Comment Yang Bermanfaat, Comment SPAM akan di hapus secara otomatis